Translate

slider

iklan baris

Kamis, 29 November 2012

Cara Memperbaiki Blackberry tidak mau menyala dan charger

Apakah Anda pernah mencoba men charge BlackBerry Anda namun tidak penuh-penuh? Apakah HP BB Anda saat di cas tidak mau menyala, atau ada gambar baterai lalu BlackBerry coba loading (booting) lalu gagal dan kembali ke gambar baterai (gambar indikator charge).
Bila Anda pernah mengalami hal tersebut, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi cara mengatasi BlackBerry tidak mau menyala (tdk mau booting) dan juga tidak bisa di charge (ada indikator cas tapi tidak penuh-penuh).
Yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah jangan terus-terusan menghubungkan charger dengan HP BlackBerry Anda, apalagi sampai satu harian, karena dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan/atau membuat baterai bocor.

Tips 1 mengatasi BlackBerry tidak mau booting:

Lepaskan SIM card dan SD card. Bila setelah dilepas kartu SIM dan kartu memorinya BB bisa menyala, maka kemungkinan SIM dan/atau SD card yang digunakan rusak. Bila kartu SIM rusak, Anda dapat menggantinya dengan yang baru di gerai provider telepon yang digunakan (nomor telp tetap sama).

Tips 2 mengatasi BlackBerry tidak bisa di charge:

Apabila Anda memiliki baterai cadangan, gunakan baterai tersebut lalu coba nyalakan. Kalau BB Anda tetap tidak mau menyala, coba di charge terlebih dahulu dengan kondisi menggunakan baterai cadangan. Kalau kondisinya sama saja, coba gunakan lagi baterai yang sebelumnya lalu coba charge menggunakan charger yang berbeda.

Tips 3: Charge baterai menggunakan desktop charger

Kondisi BlackBerry yang tidak mau menyala dan tidak bisa di charge bisa diakibatkan karena kondisi baterai terlalu habis tidak tersisa. Biasanya terjadi akibat pengguna lupa mencas ulang dan membiarkan BB-nya sampai mati. Sebenarnya kalau kondisi baterai dan charger dalam kondisi baik dan asli, handphone cukup dicas saja selama kurang lebih 15 menit akan sudah bisa dapat digunakan kembali.
Namun, kalau kondisi baterai tidak terlalu prima dan charger yang digunakan tidak asli, kondisi tersebut dapat menyebabkan baterai seperti tidak penuh-penuh. Untuk mengatasi hal ini, jika Anda memiliki desktop charger, maka baterainya bisa di cas dulu menggunakan alat tersebut. Bila hanphonenya ingin digunakan, maka tidak perlu menunggu sampai penuh. Bila sudah di cas selama setengah jam menggunakan desktop charger, Anda dapat memasang baterainya lagi ke HP lalu meneruskan pengecasan menggunakan charger.

Tips 4 mengatasi BlackBerry yang tidak mau menyala

Apabila Anda tidak memiliki baterai, charger cadangan maupun desktop charger, maka Anda dapat mencoba cara berikut. Caranya cukup dengan menghubungkan hp BlackBerry Anda ke komputer menggunakan kabel data. Biarkan selama satu sampai dua menit, kalau semuanya normal, perangkat BB Anda akan memulai proses booting atau menyala secara otomatis. Biarkan HP di cas menggunakan komputer hingga kapasitasnya kurang lebih 20%, setelah itu Anda dapat mencasnya lagi menggunakan charger dengan normal. Saya sudah beberapa kali menggunakan metode ini dan berhasil baik pada komputer yang sudah terinstall aplikasi BlackBerry desktop manager maupun pada komputer yang belum terinstall aplikasi tersebut.

Tips 5 mengatasi BlackBerry tidak bisa di cas

Bila Anda sudah melakukan Tips #4 namun gagal, coba lepaskan terlebih dahulu SD card dan kartu SIM yang digunakan lalu lakukan lagi Tips# 4. Tunggu sampai kapasitas baterai sekitar 30% > cabut dari komputer > masukkan SIM card dan kartu memori lalu coba nyalakan. Kalau bisa menyala dengan normal, cas lagi menggunakan charger sampai penuh.
Bila Anda sudah melakukan tips diatas namun BlackBerry tetap tidak mau menyala, maka kemungkinan BB Anda mengalami kondisi yang bernama “Nuked BlackBerry”. Hal ini terjadi akibat adanya kerusakan (error) pada sistem operasi (OS) BB. Untuk mengatasi kondisi ini dapat dilakukan dengan cara menginstall ulang atau mengupgrade OS BB. Berhubung saya belum pernah melakukan upgrade OS BB, jadi belum bisa memberikan tutorialnya untuk saat ini. Tapi Anda bisa dengan mudah menemukan caranya di internet dengan hanya mengetikkan: cara mengatasi nuked BlackBerry pada mesin pencarian Google. Demikian sedikit tips mengenai cara mengatasi BlackBerry tidak bisa di charge atau tidak mau menyala, semoga bermanfaat

tambahan

BlackBerry tidak bisa di charge kasus seperti ini sangat sering terjadi dan jadi pertanyaan yang sangat sering terucap oleh para pengguna blackberry.

Hal ini bisa terjadi kemungkinan karena
battere terlalu panas, dikarenakan dipakai
nelpon berjam jam , atau dipakai Internet secara terus menerus sehingga
Blackberry tidak mau dicharge.

Untuk mengatasi masalah ini Cobalah solusi
ringan dulu yaitu dengan cara mencabut battere
Blackberry beberapa saat kemudian pasang
kembali dan coba colokan ke charger.

Jika masih belum bisa di carge cobalah solusi berikut.
Berikut kemungkinan – kemungkinan yang
terjadi dan solusinya :

1. Perangkat Charger sudah rusak atau jika
mungkin anda baru beli charger, charger
tersebut tidak support/ tidak cocok dengan
tipe BlackBerry yang anda miliki.

Solusinya
adalah cobalah di charge dengan charger
lain bawaan BlackBerry dengan tipe yang
sama dengan yang anda miliki.

2. Jika anda telah menggunakan charger lain
masih tidak bisa kemungkinan ada
permasalah pada OS yang terinstal di
BlackBerry anda.

Solusinya adalah cobalah
untuk upgrade OS atau menginstallnya
dengan OS lain yang anda download
langsung dari situs resmi BlackBerry (http://
id.blackberry.com/services/), pastikan OS
yang anda download support untuk tipe
BlackBerry anda miliki.

Catatan: Pada Saat Blackberry terlalu panas, misalkan setelah dipakai nelpon beberapa jam terus menerus,
atau dipakai Internet secara simultan,
terkadang Blackberry tidak mau juga dicharge,
solusi untuk masalah seperti ini, cabut dulu
baterai Blackberry beberapa saat, setelah itu
pasang kembali dan coba colokan ke charger
Advertisements

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silakan tinggal kan komentar anda
terima kasih telah mengunjungi blog kami